Jumat, 12 Agustus 2011

Silabus dan RPP SMK Berkarakter 2


SILABUS

NAMA SEKOLAH                                :    SMKN I MANTANGAI
BIDANG STUDY KEAHLIAN              :    AGRIBISNIS & AGROTEKNOLOGI
PROGRAM STUDY KEAHLIAN         :    AGRIBISNIS PRODUKSI  TANAMAN
KOMPETENSI KEAHLIAN                 :    AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
MATA PELAJARAN                            :    DASAR KOMPETENSI KEAHLIAN /KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI                  :    MENERAPKAN KESELAMATAN,KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH)
ALOKASI WAKTU                                 38 JAM          
KODE KOMPETENSI                           Dkk.Atph.01

KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
Dkk.Atph.01.1. Mendeskripsikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
·    Pengertian keselamatan kerja
·    Faktor-faktor penyebab kecelakaan kerja
·    Syarat-syarat keselamatan kerja
·    Pengertian Kesehatan kerja
·    Faktor-faktor utama kesehatan kerja
·    Pengaruh tingkat kesehatan dan produktifitas
·     Menjelaskan pengertian keselamatan di tempat kerja.
·     Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan di tempat kerja
·     Menjelaskan syarat-syarat keselamatan kerja
·     Menjelaskan definisi kesehatan kerja
·     Menjelaskan faktor-faktor utama kesehatan kerja.
·     Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan dan produktifitas kerja
·   Dapat menjelaskan pengertian keselamatan kerja dan kesehatan kerja.
·   Dapat mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan di tempat kerja
·   Dapat mengetahui syarat-syarat keselamatan di tempat kerja
·   Dapat mengetahui faktor-faktor uta kesehatan kerja
·   Dapat menidentifikasi pengaruh tingkat kesehatan dan produktifitas kerja.
·  Lisan
·  Tertulis
·  Pelaporan
2

  
·  Modul Pelajaran
·  Kepustakaan
Dkk.Atph 01.2 Menerapkan prosedur di tempat kerja untuk kesehatan dan keselamatan ditempat kerja
·    Pupuk, pestisida, hormon, disinfektan )
·    Peralatan manual
·    Peralatan bermesin, bahan pertanian
·    Pelindung bahaya ( fisik, suara, cahaya )
·    Resiko keselamatan kerja kelompok bahaya oleh cahaya, suara, fisik.
·     Unsur utama dalam bahan – bahan pertanian (Bahan beracun, Bahan korosif, Bahan penyebab iritas, Bahan yang mudah, terbakar/meledak
·     Melakukan identifikasi bahan  kimia (pestisida, pupuk, hormon, disinfektan) dll
·     Prosedur pemeriksaan/ pengecekan peralatan, dan bahan pertanian
·     Peralatan pelindung mata ( cahaya), telinga (suara) Tekanan fisik)
·     Macam-macam resiko pada pekerjaan bidang budidaya tanaman sayur, dan cara penanganannya
·     Memeriksa kesiapan/ kondisi peralatan/mesin/ bahan sebelum digunakan
·     Mengidentifikasi peralatan keselamatan kerja
·     Melakukan identifikasian
·     Menerapkan prosedur keselamatan kerja.
·   Unsur/bahan-bahan beresiko tinggi diidentifikasi berdasarkan label pada produk dan petunjuk keselamatan kerja
·   Komponen keselamatan kerja dilakukan pemeriksaan pada awal sebelum mengoperasikan semua mesin, sarana angkut dan bahan-bahan berbahaya
·   Pakaian pelindung atau peralatan yang dibutuhkan untuk bekerja diidentifikasi sesuai   tugas-tugas yang ditetapkan di  tempat kerja
·   Sebelum melakukan penanganan secara manual, resiko pekerjaan dinilai dan pekerjaan dilaksanakan sesuai rekomendasi yang aman
·   Resiko pekerja dalam melakukan suatu pekerjaan diidentifikasi dan tindakan antisipasi dilakukan untuk mengurangi resiko yang berhubungan dengan pekerjaan di tempat kerja
·   Semua prosedur dan instruksi kerja untuk pengendalian pekerjaan berbahaya diikuti secara taat azas
·      Lisan
·      Tertulis
·      Praktek
·      Pelaporan
2
4(8)
  
·       Modul Pembelajaran
·       Kepustakaan
·       Lab. Pupuk / Pestisida
·       Modul Pembelajaran
·       Kepustakaan
·       Lab. Pupuk / Pestisida
Dkk.Atph.01.3 Melakukan tindakan kesehatan dan keselamatan kerja dalam  kondisi berbahaya/darurat
·    Penanganan darurat di lapangan/lahan, laboratorium, workshop/bengkel
·     Cara memutahirkan STANDAR KOMPETENSI melaksanakan keselamatan kerja
·     Prosedur penangan darurat keselamatan kerja
·     Melaksanakan prosedur keselamatan kerja
·   Pengetahuan dan kemampuan untuk mengikuti prosedur  yang berhubungan dengan kecelakaan kerja dan kondisi darurat termasuk komunikasi di lokasi dan petunjuk untuk bahaya pribadi dipelihara sesuai ketentuan di dunia usaha
·   Prosedur penanganan darurat diikuti sesuai standar perusahaan di tempat kerja
·   Peralatan darurat digunakan sesuai label petunjuk dan persyaratan di tempat kerja
·   Otoritas penanganan kesehatan dan keselamatan kerja dilaksanakan sesuai ketentuan perusahaan
·      Lisan
·      Tertulis
·      Praktek
·      Pelaporan
2
4 (8)
  
·       Modul Pelajaran
·       Kepustakaan
·       Study lapangan
Dkk.Atph.01.4Menerapkan Konsep Lingkungan Hidup
·    Definisi  lingkungan hidup
·    Pengelolaan lingkungan lingkungan hidup
·    Implementasi lingkungan hidup
·     Menjelaskan pengertian lingkungan hidup
·     Menerapkan perilaku peduli lingkungan
·     Menjelaskan komponen lingkungan yang menjadi objek pengelolaan
·     Mengintegrasikan lingkungan hidup pada seluruh materi diklat
·     Menerapkan  konsep ramah lingkungan pada kegiatan disekolah
·   Memahami konsep lingkungan hidup di sekolah
·   Lingkungan sekolah merupakan wahana pembiasaan berperilaku peduli lingkungan sehari-hari.
·   Lingkungan fisik dan social menjadi objek pengelolaan lingkungan hidup
·   Pembelajaran lingkungan hidup pada kegiatan kurikuler
·   Penerapan  lingkungan hidup pada ekstrakurikuler di sekolah
·      Lisan
·      Tertulis
·      Praktek
·      pelaporan
2
8(16)
  
·       Modul Pelajaran
·       Kepustakaan
·       Study lapangan
Dkk.Atph.01.5Melakukan tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan
·    Definisi P3K
·    Identifikasi  tingkat kecelakaan dan penanganannya
·    Prinsip-prinsip P3K
·     Memahami pengertian P3K
·     Mengidentifikasi kondisi korban  dan cara penanganannya
·     Menerapkan prinsip-prinsip P3K dalam melakukan penanganan 
·   Pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan pertolongan pertama
·   Melakukan pertolongan darurat dengan  mengidentifikasi  kondisi korban
·   Melakukan penanganan korban dengan cepat  berdasarkan prinsip-prinsip P3K
·      Lisan
·      Tulisan
·      Praktek
2
4(8)
  
·       Modul Pelajaran
·       Kepustakaan
·       Study lapangan

 Keterangan :
TM                Tatap Muka
PS              =   Praktek di Sekolah   ( 2 jam praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka )
PI                =   Praktek di Industri   ( 4 jampraktik di DU / DI setara dengan 1 jam tatap muka )













SILABUS
NAMA SEKOLAH                                     :    SMKN I MANTANGAI
BIDANG STUDY KEAHLIAN                   :    AGRIBISNIS & AGROTEKNOLOGI
PROGRAM STUDY KEAHLIAN             :    AGRIBISNIS PRODUKSI  TANAMAN
KOMPETENSI KEAHLIAN                      :    AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
MATA PELAJARAN                                 :    DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI                       :    MENGIDENTIFIKASI TANAMAN & PERTUMBUHANNYA
ALOKASI WAKTU                                      68 jam ( 4 JAM / MG)
KODE KOMPETENSI                                Dkk.Atph.02
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
Dkk.Atph.02.1. Mengenal lingkup tanaman yang diusahakan
·  Pengelompokkan tanaman pangan yang di budidayakan
·  Pengelompokkan Tanaman Hortikultura
·  Diskripsi tanaman yang diusahakan (Taksonomi, fisiologis dan morfologi)
·  Catatan hasil identifikasi jenis tanaman
·       Menyebutkan macam dan jenis tanaman pangan
·       Menyebutkan & menjelaskan tanaman sayuran
·       Menyebutkan & menjelaskan jenis tanaman buah-buahan
·       Menyebutkan & menjelaskan jenis tanaman hias dan tanaman obat-obatan
·       Menjelaskan & mengidentifikasi  karakteristik tanaman Pangan yang dibudidayakan
·       Menjelaskan dan mengidentifikasi karakteristik tanaman Hortikultura
·       Mengidentifikasi macam dan jenis tanaman sayuran
·      Tanaman pangan diidentifikasi dan disebut sesuai nama umumnya atau nama botaninya
·      Tanaman kelompok hortikultura dideskripsikan dan disebut sesuai nama botaninya
·      Ciri-ciri tanaman pangan dideskripsikan secara lengkap  atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
·      Ciri-ciri tanaman kelompok hortikultura diidentifikasi da dideskripsikan sesuai morfologi da sarat tumbugnya
·      Hasil identifikasi jenis tanaman dicatat dan dikomunikasikan kepada pihak berwenang guna keperluan perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan usaha
·     Lisan
·     Tertulis
·     Pelaporan
6
8 (16)
-
·  Modul Pelajaran
·  Kepustakaan
·  Lahan Penanaman
Dkk.Atph.02.2.Menjelaskan Tanah sebagai tempat tumbuh tanaman
·  Pengertian tanah dan fungsi tanah
·  Sifat fisik tanah (jenis, susunan tanah,ketinggian, kemiringan, tekstur & struktur tanah,  air tanah)
·  Sifat kimia tanah (pH, unsur hara)
·       Memahami faktor tanah.
·       Memahami jenis tanah
·       Memahami sifat tanah (fisik, kimia dan biologi).
·       Mengamati profil tanah.
·       Mengukur suhu & kelembaban tanah
·       Memahami sifat kimia tanah
·       Memghitung kemiringa  tanah.
·       Memgamati ketinggian tanah
·       Mengukur pH tanah
·     Tanah sebagai tempat tumbuh tanaman diidentifikasi.
·     Diketahui dengan jelas data agronomi  tempat budidaya tanaman.
·        Tes tertulis
·        praktek
·        Pelaporan
4
8
(16)

·   Dasar agronomi
·   Fisiologi tumbuhan
·   Ekologi
·   Klimatologi
·   Ilmu tanah

Dkk.Atph.02.3.Menjelaskan cuaca sebagai faktor penting bagi tanaman
·  Data agroklimat berupa curah hujan, suhu, udara, dan kelembaban udara

·        Menyebutkan jenis-jenis data agroklimat
·        Memahami satuan curah hujan, suhu dan kelembaban
·        Menjelaskan teknik pengumpulan dan penyimpanan data
·        Mengumpulkan dan mencatat data curah hujan, suhu dan kelembaban
udara
·   Data  agroklimat diperoleh/ dikumpulkan melalui data sekunder
·   Data curah hujan,  suhu dan kelembaban dikumpulkan  dan dicatat melalui pengukuran di lapangan
·   Data agroklimat dikumpulkan dan disimpan untuk bahan pertimbangan dalam perencanaan usaha tanaman
·      Tes
·      praktek
·      Pelaporan
4
4(8)


Dkk.Atph.02.4.Menjelaskan  sistim produksi tanaman  
·   Siklus hidup tanaman
·   Proses fisiologis tanaman
·        Memahami siklus hidup tanaman.
·        Melakukan pengamatan pertumbuhan tanaman satu silkus hidup
·        Memahami proses fisioliogis tanaman (fotosintesis, respirasi, transpirasi, absoprsi, penyerbukan dan pembuahan)
·   Siklus hidup tanaman diamati dan dicatat sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman
·   Proses fisiologis tanaman dideskripsikan dengan tepat

·      Tes tertulis
·       Tes lisan

4
4(8))

Fisiologi tumbuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar