SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMKN I MANTANGAI
BIDANG STUDY KEAHLIAN : AGRIBISNIS & AGROTEKNOLOGI
PROGRAM STUDY KEAHLIAN : AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN
KOMPETENSI KEAHLIAN : AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
MATA PELAJARAN : DASAR KOMPETENSI KEAHLIAN /KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI : MENERAPKAN KESELAMATAN,KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH)
ALOKASI WAKTU : 38 JAM
KODE KOMPETENSI : Dkk.Atph.01
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
Dkk.Atph.01.1. Mendeskripsikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) | · Pengertian keselamatan kerja · Faktor-faktor penyebab kecelakaan kerja · Syarat-syarat keselamatan kerja · Pengertian Kesehatan kerja · Faktor-faktor utama kesehatan kerja · Pengaruh tingkat kesehatan dan produktifitas | · Menjelaskan pengertian keselamatan di tempat kerja. · Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan di tempat kerja · Menjelaskan syarat-syarat keselamatan kerja · Menjelaskan definisi kesehatan kerja · Menjelaskan faktor-faktor utama kesehatan kerja. · Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan dan produktifitas kerja | · Dapat menjelaskan pengertian keselamatan kerja dan kesehatan kerja. · Dapat mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan di tempat kerja · Dapat mengetahui syarat-syarat keselamatan di tempat kerja · Dapat mengetahui faktor-faktor uta kesehatan kerja · Dapat menidentifikasi pengaruh tingkat kesehatan dan produktifitas kerja. | · Lisan · Tertulis · Pelaporan | 2 | | | · Modul Pelajaran · Kepustakaan |
Dkk.Atph 01.2 Menerapkan prosedur di tempat kerja untuk kesehatan dan keselamatan ditempat kerja | · Pupuk, pestisida, hormon, disinfektan ) · Peralatan manual · Peralatan bermesin, bahan pertanian · Pelindung bahaya ( fisik, suara, cahaya ) · Resiko keselamatan kerja kelompok bahaya oleh cahaya, suara, fisik. | · Unsur utama dalam bahan – bahan pertanian (Bahan beracun, Bahan korosif, Bahan penyebab iritas, Bahan yang mudah, terbakar/meledak · Melakukan identifikasi bahan kimia (pestisida, pupuk, hormon, disinfektan) dll · Prosedur pemeriksaan/ pengecekan peralatan, dan bahan pertanian · Peralatan pelindung mata ( cahaya), telinga (suara) Tekanan fisik) · Macam-macam resiko pada pekerjaan bidang budidaya tanaman sayur, dan cara penanganannya · Memeriksa kesiapan/ kondisi peralatan/mesin/ bahan sebelum digunakan · Mengidentifikasi peralatan keselamatan kerja · Melakukan identifikasian · Menerapkan prosedur keselamatan kerja. | · Unsur/bahan-bahan beresiko tinggi diidentifikasi berdasarkan label pada produk dan petunjuk keselamatan kerja · Komponen keselamatan kerja dilakukan pemeriksaan pada awal sebelum mengoperasikan semua mesin, sarana angkut dan bahan-bahan berbahaya · Pakaian pelindung atau peralatan yang dibutuhkan untuk bekerja diidentifikasi sesuai tugas-tugas yang ditetapkan di tempat kerja · Sebelum melakukan penanganan secara manual, resiko pekerjaan dinilai dan pekerjaan dilaksanakan sesuai rekomendasi yang aman · Resiko pekerja dalam melakukan suatu pekerjaan diidentifikasi dan tindakan antisipasi dilakukan untuk mengurangi resiko yang berhubungan dengan pekerjaan di tempat kerja · Semua prosedur dan instruksi kerja untuk pengendalian pekerjaan berbahaya diikuti secara taat azas | · Lisan · Tertulis · Praktek · Pelaporan | 2 | 4(8) | | · Modul Pembelajaran · Kepustakaan · Lab. Pupuk / Pestisida · Modul Pembelajaran · Kepustakaan · Lab. Pupuk / Pestisida |
Dkk.Atph.01.3 Melakukan tindakan kesehatan dan keselamatan kerja dalam kondisi berbahaya/darurat | · Penanganan darurat di lapangan/lahan, laboratorium, workshop/bengkel | · Cara memutahirkan STANDAR KOMPETENSI melaksanakan keselamatan kerja · Prosedur penangan darurat keselamatan kerja · Melaksanakan prosedur keselamatan kerja | · Pengetahuan dan kemampuan untuk mengikuti prosedur yang berhubungan dengan kecelakaan kerja dan kondisi darurat termasuk komunikasi di lokasi dan petunjuk untuk bahaya pribadi dipelihara sesuai ketentuan di dunia usaha · Prosedur penanganan darurat diikuti sesuai standar perusahaan di tempat kerja · Peralatan darurat digunakan sesuai label petunjuk dan persyaratan di tempat kerja · Otoritas penanganan kesehatan dan keselamatan kerja dilaksanakan sesuai ketentuan perusahaan | · Lisan · Tertulis · Praktek · Pelaporan | 2 | 4 (8) | | · Modul Pelajaran · Kepustakaan · Study lapangan |
Dkk.Atph.01.4Menerapkan Konsep Lingkungan Hidup | · Definisi lingkungan hidup · Pengelolaan lingkungan lingkungan hidup · Implementasi lingkungan hidup | · Menjelaskan pengertian lingkungan hidup · Menerapkan perilaku peduli lingkungan · Menjelaskan komponen lingkungan yang menjadi objek pengelolaan · Mengintegrasikan lingkungan hidup pada seluruh materi diklat · Menerapkan konsep ramah lingkungan pada kegiatan disekolah | · Memahami konsep lingkungan hidup di sekolah · Lingkungan sekolah merupakan wahana pembiasaan berperilaku peduli lingkungan sehari-hari. · Lingkungan fisik dan social menjadi objek pengelolaan lingkungan hidup · Pembelajaran lingkungan hidup pada kegiatan kurikuler · Penerapan lingkungan hidup pada ekstrakurikuler di sekolah | · Lisan · Tertulis · Praktek · pelaporan | 2 | 8(16) | | · Modul Pelajaran · Kepustakaan · Study lapangan |
Dkk.Atph.01.5Melakukan tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan | · Definisi P3K · Identifikasi tingkat kecelakaan dan penanganannya · Prinsip-prinsip P3K | · Memahami pengertian P3K · Mengidentifikasi kondisi korban dan cara penanganannya · Menerapkan prinsip-prinsip P3K dalam melakukan penanganan | · Pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan pertolongan pertama · Melakukan pertolongan darurat dengan mengidentifikasi kondisi korban · Melakukan penanganan korban dengan cepat berdasarkan prinsip-prinsip P3K | · Lisan · Tulisan · Praktek | 2 | 4(8) | | · Modul Pelajaran · Kepustakaan · Study lapangan |
Keterangan :
TM = Tatap Muka
PS = Praktek di Sekolah ( 2 jam praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka )
PI = Praktek di Industri ( 4 jampraktik di DU / DI setara dengan 1 jam tatap muka )
SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMKN I MANTANGAI
BIDANG STUDY KEAHLIAN : AGRIBISNIS & AGROTEKNOLOGI
PROGRAM STUDY KEAHLIAN : AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN
KOMPETENSI KEAHLIAN : AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
MATA PELAJARAN : DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI : MENGIDENTIFIKASI TANAMAN & PERTUMBUHANNYA
ALOKASI WAKTU : 68 jam ( 4 JAM / MG)
KODE KOMPETENSI : Dkk.Atph.02
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
Dkk.Atph.02.1. Mengenal lingkup tanaman yang diusahakan | · Pengelompokkan tanaman pangan yang di budidayakan · Pengelompokkan Tanaman Hortikultura · Diskripsi tanaman yang diusahakan (Taksonomi, fisiologis dan morfologi) · Catatan hasil identifikasi jenis tanaman | · Menyebutkan macam dan jenis tanaman pangan · Menyebutkan & menjelaskan tanaman sayuran · Menyebutkan & menjelaskan jenis tanaman buah-buahan · Menyebutkan & menjelaskan jenis tanaman hias dan tanaman obat-obatan · Menjelaskan & mengidentifikasi karakteristik tanaman Pangan yang dibudidayakan · Menjelaskan dan mengidentifikasi karakteristik tanaman Hortikultura · Mengidentifikasi macam dan jenis tanaman sayuran | · Tanaman pangan diidentifikasi dan disebut sesuai nama umumnya atau nama botaninya · Tanaman kelompok hortikultura dideskripsikan dan disebut sesuai nama botaninya · Ciri-ciri tanaman pangan dideskripsikan secara lengkap atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh · Ciri-ciri tanaman kelompok hortikultura diidentifikasi da dideskripsikan sesuai morfologi da sarat tumbugnya · Hasil identifikasi jenis tanaman dicatat dan dikomunikasikan kepada pihak berwenang guna keperluan perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan usaha | · Lisan · Tertulis · Pelaporan | 6 | 8 (16) | - | · Modul Pelajaran · Kepustakaan · Lahan Penanaman |
Dkk.Atph.02.2.Menjelaskan Tanah sebagai tempat tumbuh tanaman | · Pengertian tanah dan fungsi tanah · Sifat fisik tanah (jenis, susunan tanah,ketinggian, kemiringan, tekstur & struktur tanah, air tanah) · Sifat kimia tanah (pH, unsur hara) | · Memahami faktor tanah. · Memahami jenis tanah · Memahami sifat tanah (fisik, kimia dan biologi). · Mengamati profil tanah. · Mengukur suhu & kelembaban tanah · Memahami sifat kimia tanah · Memghitung kemiringa tanah. · Memgamati ketinggian tanah · Mengukur pH tanah | · Tanah sebagai tempat tumbuh tanaman diidentifikasi. · Diketahui dengan jelas data agronomi tempat budidaya tanaman. | · Tes tertulis · praktek · Pelaporan | 4 | 8 (16) | | · Dasar agronomi · Fisiologi tumbuhan · Ekologi · Klimatologi · Ilmu tanah |
Dkk.Atph.02.3.Menjelaskan cuaca sebagai faktor penting bagi tanaman | · Data agroklimat berupa curah hujan, suhu, udara, dan kelembaban udara | · Menyebutkan jenis-jenis data agroklimat · Memahami satuan curah hujan, suhu dan kelembaban · Menjelaskan teknik pengumpulan dan penyimpanan data · Mengumpulkan dan mencatat data curah hujan, suhu dan kelembaban udara | · Data agroklimat diperoleh/ dikumpulkan melalui data sekunder · Data curah hujan, suhu dan kelembaban dikumpulkan dan dicatat melalui pengukuran di lapangan · Data agroklimat dikumpulkan dan disimpan untuk bahan pertimbangan dalam perencanaan usaha tanaman | · Tes · praktek · Pelaporan | 4 | 4(8) | | |
Dkk.Atph.02.4.Menjelaskan sistim produksi tanaman | · Siklus hidup tanaman · Proses fisiologis tanaman | · Memahami siklus hidup tanaman. · Melakukan pengamatan pertumbuhan tanaman satu silkus hidup · Memahami proses fisioliogis tanaman (fotosintesis, respirasi, transpirasi, absoprsi, penyerbukan dan pembuahan) | · Siklus hidup tanaman diamati dan dicatat sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman · Proses fisiologis tanaman dideskripsikan dengan tepat | · Tes tertulis · Tes lisan | 4 | 4(8)) | | Fisiologi tumbuhan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar